Tuesday, October 20, 2020

Sunday, October 18, 2020

Startup TRAVEL & paket NYEPI

PAKET NYEPI antara STARTUP TRAVEL dan TRADISI BALI

I Gede Suputra Widharma

Salah satu aplikasi digital yang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara daring dengan fokus perjalanan domestik di Indonesia. Perusahaan aplikasi digital ini memiliki basis operasional di Jakarta. Didirikan pada tahun 2012 oleh sekelompok anak muda berjiwa kreatif inovatif. Salah satu perusahaan rintisan (startup) berstatus unicorn asal Indonesia ini mengembangkan layanannya pada pemesanan tiket kereta api, bus, penyewaan mobil, hingga aktivitas wisata. Sejak tahun 2015, mulai berekspansi ke sejumlah negara di Asia Tenggara seperti Singapura, Malaysia, Vietnam, Thailand, dan Filipina. Di Bali pada khususnya, tingkat kunjungan para wisatawan ke Bali dari tahun ke tahun semakin meningkat, ditambah lagi dengan adanya promo promo liburan murah, atau paket liburan murah ke Bali yang diberikan oleh para perusahaan penyedia layanan secara online, salah satunya, banyak hal yang dapat didapat jika kita menggunakan aplikasi ini, terutama cashback, penggantian schedule dan lainnya. 

Tetapi jika kita mengenal Bali maka sudah pasti tidak jauh dari kata budaya dan tradisinya, nah bagaimana cara kita sebagai para pribumi atau masyarakat lokal Bali dapat tetap memberikan layanan walau sedang ada perayaan Hari Raya Nasional Nyepi ? ini merupakan suatu tantangan baru dan yang paling sulit dihadapi oleh para penyedia layanan booking online, karena jika di Bali saat Nyepi dilarang melakukan aktivitas apapun di luar pekarangan rumah, sedangkan bagaimana jika para wisatawan hanya dapat liburan pada saat Hari Nyepi berlangsung? ini merupakan sebuah dilema yang mesti dipecahkan.

Indonesia memiliki lebih dari 300 suku bangsa. Tiap suku bangsa memiliki budaya masing-masing. Oleh karena itu, Indonesia kaya akan kebudayaan. Tradisi dan budaya di Bali selalu menjadi daya tarik yang tidak pernah habis atau membosankan. Sebagai perayaan terbesar di Pulau Dewata, Hari Raya Nyepi memiliki keistimewaan tersendiri yang dimulai sejak malam menjelang Nyepi, hingga berakhir keesokan harinya. Meskipun hampir semua aktivitas dibatasi pada saat Nyepi, mengunjungi Bali saat umat Hindu melaksanakan ritual Tahun Baru Saka tetap menjadi rencana liburan yang patut dicoba. 

Berikut adalah 5 alasan wisatawan harus ke Bali saat perayaan Nyepi: 

1. Menikmati udara Bali yang lebih segar Setelah Hari Raya Nyepi berakhir, kamu akan merasakan sendiri segarnya udara Bali yang tidak terkontaminasi kendaraan bermotor selama kurang lebih 24 jam. Udara segar tanpa polusi di Bali hanya dapat anda rasakan setelah Nyepi. 

2. Pemandangan malam penuh bintang Ini juga merupakan alasan utama wisatawan, terutama para pencinta astrofotografi, datang ke Bali sewaktu Hari Raya Nyepi, Karena tidak ada aktivitas sepanjang hari, polusi udara pun berkurang. Selain itu, bintang di langit terlihat semakin terang karena tidak ada polusi cahaya dari bangunan atau kendaraan. Alhasil, menatap bintang dari balkon atau teras kamar hotel dengan mata telanjang pun menjadi aktivitas sangat menyenangkan untuk dilakukan. Jika cuaca cerah, pemandangan langit bertabur bintang tersebut dapat diabadikan dengan kamera dari jendela atau rooftop hotel. 

3. Paket Promo Hotel Saat Nyepi Umat Hindu Bali menjalani Nyepi selama satu hari dengan menjalankan empat pantangan, yakni Amati Geni (pantang menyalakan api), Amati Karya (tidak melakukan aktivitas bekerja), Amati Lelanguan (pantang menghibur diri), dan Amati Lelungaan (pantang bepergian keluar rumah). Pendatang, baik warga non-Hindu di Bali atau wisatawan pun turut mengikuti pantangan-pantangan tersebut. Supaya tamu tetap merasa nyaman, hotel-hotel di Pulau Dewata menawarkan paket menginap 2 malam, yang sudah termasuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Paket menginap saat Nyepi biasanya juga dilengkapi potongan harga khusus untuk aktivitas menarik yang bisa dilakukan di dalam area hotel, seperti kelas yoga atau paket spa. 

4. Waktu yang tepat untuk melihat ritual tradisional Ada rangkaian ritual tradisional sebelum Hari Raya Nyepi. Selain upacara penyucian diri Melasti, ada juga upacara pengrupukan yang juga dikenal sebagai  parade ogoh-ogoh, dan ritual perang api yang dilakukan di malam sebelum Nyepi dengan tujuan mengusir roh-roh jahat. Setelah selesai melewati Nyepi, umat Hindu di Bali pun menjalani ngembak Geni yang berarti bebas menyalakan api atau kembali bebas beraktivitas. Pada upacara ini, warga beribadah ke pura lalu dilanjutkan dengan dharma santi atau bersilahturahmi dengan keluarga dan kerabat. Selain itu, ada pula ritual omed-omedan dimana para pemuda saling tarik-menarik dan berciuman. Ritual ini dapat dapat disaksikan di kawasan Sesetan di Denpasar. 

5. Pantai di Bali sepi setelah Nyepi Tidak hanya pantai, biasanya tempat-tempat wisata lain juga relatif sepi di pagi hari setelah Nyepi. Selain karena Pulau Bali ditutup dan tidak ada aktivitas wisata selama Hari Raya Nyepi, penduduk yang tinggal di Bali pun umumnya masih melakukan aktivitas-aktivitas terkait Nyepi sebelum kembali melakukan rutinitas normalnya. Kebijakan dari startup Pemesanan paket pada saat hari raya nyepi akan di jadwalkan ulang karena saat hari raya nyepi dilarang melaksakan kegiatan seluruh aktivitas yang bersifat bergerak, bersuara seperti transportasi, maupun pelayanan umum diberhentikan sementara waktu demi kekusyukan umat Hindu beribadah satu hari penuh. Dan Hanya pelayanan rumah sakit yang tetap diperbolehkan buka selama Hari Raya Nyepi. Kalau bisa saat pemesanan hotel sebelum hari raya nyepi di rayakan karena pada saat itu masih bisa dilaksanakan pemesanan hetel, bila pemesanan bertepatan pada hari raya Nyepi akan dilakukan penjadwalan ulang demi menjaga tradisi leluhur. 

Jadi pada saat hari raya Nyepi,  tetap menyediakan paket wisata hotel di bali namun harus menginap dari hari sebelum hari raya Nyepi tersebut. Walaupun pada hari raya tersebut tidak ada kegiatan apapun di bali, namun di hotel biasanya terdapat event yang diadakan di intern hotel untuk tamutamu yang menginap pada saat hari raya Nyepi. Namun sebenarnya yang wisatawan cari pada saat hari raya tersebut adalah pada saat satu hari sebelum hari raya Nyepi yaitu hari Pengerupukan. Pada hari Pengerupukan, desa-desa di bali mengadakan pengarakan ogoh-ogoh sebagai simbolis mengusir dan melebur roh-roh jahat. Pada saat hari raya Nyepi, wisatawan menikmati 1 hari di Bali tanpa adanya polusi dan tanpa adanya orang-orang beraktivitas, artinya terdapat keheningan di Bali pada saat hari raya ini. Tradisi inilah yang wisatawan inginkan. Hanya di Bali yang terdapat hari raya seperti ini, anggapannya pada hari raya ini Bali di istirahatkan selama 1 hari tanpa aktivitas kendaraan bermotor, kendaraan laut, kendaraan udara, aktivitas manusia bekerja tetapi terdapat pengecualian di dalam hotel. 

Jadi tampilkanlah lebih banyak hotel-hotel yang menyediakan paket wisata hari raya Nyepi. Karena pada saat inilah kita dapat memberi contoh kepada negara-negara lain untuk mulai mengistirahatkan Bumi dari polusi polusi yang saat ini sudah banyak menguasai udara di bumi. Bumi kita perlu juga istirahat walaupun hanya satu hari setahun, ini sudah sangat bermanfaat untuk mengurangi polusi baik di udara, air, maupun darat karena tidak ada aktivitas apapun pada saat hari raya ini. Marilah kita mulai menyadari kepedulian lingkungan sangatlah penting. Hari raya ini sangat bermanfaat bagi lingkungan di Bumi.

Penulis, founder dan IT development startup Jago Servis, dosen arsitektur komputer JTE Politeknik Negeri Bali



LAN for SMART BUILDING

 LAN ~ LOCAL AREA NETWORK ~ SMART BUILDING

I Gede Suputra Widharma


INTRODUCING

Di era modern seperti sekarang ini, teknologi kian hari semakin cepat perkembangannya. Inovasi dan penemuan-penemuan yang mutakhir di bidang teknologi terus bermunculan di seluruh penjuru dunia. Semua negara saling berlomba-lomba dalam menciptakan sesuatu yang baru dan mengembangkan yang sudah ada. Termasuk juga dalam hal teknologi komunikasi dan jaringannya. Masih teringat dahulu manusia dalam berkomunikasi jarak jauh masih menggunakan burung pembawa pesan. Kemudian teknologi-teknologi baru terus bermunculan dari radio, telegram, telepon, dan yang paling banyak digunakan sekarang internet. Internet kini telah berevolusi menjadi kebutuhan kita sehari-hari karena sangat membantu dalam memudahkan segala aktivitas manusia. Internet juga kini dapat kita akses melalui berbagai platform seperti smartphone, tablet, tv, dan tentu saja komputer (PC). Dalam penggunaan komputer, kita juga mengenal sistem jaringan komputer. Jaringan komputer sangat berguna untuk data sharing antar komputer, agar lebih mudah dalam berbagi data meskipun tanpa menggunakan internet. Jaringan komputer ini ada beberapa macam jenisnya tergantung dari kebutuhan jangkauan areanya. 

Namun yang akan focus dibahas pada makalah ini hanya Local Area Network. Local Area Network (LAN) adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil, umumnya dibatasi oleh area lingkungan seperti sebuah perkantoran di sebuah gedung, atau sebuah sekolah, dan biasanya tidak jauh dari sekitar 1 km persegi. Beberapa model konfigurasi LAN, satu komputer biasanya di jadikan sebuah file server. Yang mana digunakan untuk menyimpan perangkat lunak (software) yang mengatur aktifitas jaringan, ataupun sebagai perangkat lunak yang dapat digunakan oleh komputerkomputer yang terhubung ke dalam network. Komputer-komputer yang terhubung ke dalam jaringan (network) itu biasanya disebut dengan workstation. Biasanya kemampuan workstation lebih di bawah dari file server dan mempunyai aplikasi lain di dalam harddisknya selain aplikasi untuk jaringan. Kebanyakan LAN menggunakan media kabel untuk menghubungkan antara satu komputer dengan komputer lainnya. Dengan adanya teknologi LAN ini diharapkan mampu memudahkan penyebaran layanan informasi data dalam lingkup ruang yang kecil. 

Pelayanan informasi secara terintegrasi mampu menciptakan kinerja yang maksimal dari para pengguna dan juga meningkatkan keandalan dalam pengerjaan berbagai persoalan. Oleh karena itu penulis ingin membahas tentang implementasi LAN pada era otomatisasi dengan cara penggunaan LAN pada Smart Building. 

JARINGAN KOMPUTER

Jaringan komputer dapat diartikan sebagai sebuah rangkaian dua atau lebih komputer. Komputerkomputer ini akan dihubungkan satu sama lain dengan sebuah sistem komunikasi. Dengan jaringan komputer ini dimungkinkan bagi setiap komputer yang terjaring di dalamnya dapat saling tukar-menukar data, program, dan sumber daya komputer lainnya, seperti media penyimpanan, printer, dan lain-lain. Jaringan komputer yang menghubungkan komputer-komputer yang berada pada lokasi berbeda dapat juga dimanfaatkan untuk mengirim surat elektronik (e-mail), mengirim file data (upload) dan mengambil file data dari tempat lain (download), dan berbagai kegiatan akses informasi pada lokasi yang terpisah. Tujuan utama dari sebuah jaringan komputer adalah sharing resource (sumber daya), dimana sebuah komputer dapat memanfaatkan sumber daya yang dimiliki komputer lain yang berada dalam jaringan yang sama. Perkembangan teknologi komunikasi data dan jaringan komputer dewasa ini sudah tidak terbatas lagi hanya pada komputer. Berbagai perangkat teknologi komunikasi yang hadir saat ini berkembang mengikuti perkembangan teknologi komputer, banyak diantaranya mengintegrasikan perangkat komputer, seperti mikroprosesor, memori, display, storage, dan teknologi komunikasi ke dalamnya. 

Suatu jaringan komputer pada umumnya terdiri atas: 

 Minimal dua buah komputer 

 Kartu jaringan (network interface card / NIC) pada setiap komputer 

 Medium Koneksi, yang menghubungkan kartu jaringan satu komputer ke komputer lainnya, biasa disebut sebagai medium transmisi data, bisa berupa kabel maupun nirkabel atau tanpa-kabel (wireless seperti radio, microwave, satelit, dan sebagainya). 

Perangkat Lunak Sistem operasi jaringan (network operating system software / NOSS) yang berfungsi untuk melakukan pengelolaan sistem jaringan, misalnya: Microsoft Windows 2000 server, Microsoft Windows NT, Novell Netware, Linux, dan sebagainya. 

 Peralatan interkoneksi, seperti Hub, Bridge, Switch, Router, dan Gateway, apabila jaringan yang dibentuk semakin luas jangkauannya. 

Local Area Network (LAN) atau Jaringan Area Lokal Sebuah LAN merupakan jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil. LAN umumnya dibatasi oleh area lingkungan, seperti sebuah perkantoran di sebuah gedung, atau sebuah sekolah yang berukuran tidak lebih dari sekitar satu kilometer persegi. Dalam beberapa model konfigurasi LAN, satu komputer biasanya dijadikan sebuah file server, yang digunakan untuk menyimpan 7 perangkat lunak (software) yang mengatur aktivitas jaringan, ataupun sebagai perangkat lunak yang dapat digunakan oleh komputer-komputer yang terhubung ke dalam network, yang disebut workstation. Kemampuan workstation biasanya lebih rendah dari file server dan mempunyai aplikasi lain, selain aplikasi untuk jaringan, di dalam harddisk. Sebagian besar LAN menggunakan media kabel untuk menghubungkan antara satu komputer dengan komputer lainnya.

Topologi suatu jaringan didasarkan pada cara penghubung sejumlah node atau sentral dalam membentuk suatu sistem jaringan. Setiap topologi memiliki karakteristik yang berbeda-beda dan masingmasing juga memiliki keuntungan dan kerugian. 

Topologi tidak tergantung kepada medianya dan setiap topologi biasanya menggunakan media sebagai berikut: (1) Twisted Pair; (2) Coaxial Cable; (3) Optical Cable; dan (4) Wireless. 

Topologi dibagi menjadi dua jenis yaitu, Physical Topology dan Logical Topology. Dibawah ini adalah jenis-jenis Physical Topology. 

a. Topologi Jaringan Mesh Topologi jaringan ini menerapkan hubungan antar sentral secara penuh. Jumlah saluran harus disediakan untuk membentuk jaringan Mesh adalah jumlah sentral dikurangi 1 (n-1, n = jumlah sentral). Tingkat kerumitan jaringan sebanding dengan meningkatnya jumlah sentral yang terpasang. Dengan demikian, disamping kurang ekonomis juga relatif mahal dalam pengoperasiannya. 

b. Topologi Jaringan Bus Pada topologi ini semua sentral dihubungkan secara langsung pada medium transmisi dengan konfigurasi yang disebut Bus. Transmisi sinyal dari suatu sentral tidak dialirkan secara bersamaan dalam dua arah. Hal ini berbeda sekali dengan yang terjadi pada topologi jaringan mesh atau bintang, yang pada kedua sistem tersebut dapat dilakukan komunikasi atau interkoneksi antar sentral secara 8 bersamaan. topologi jaringan bus tidak umum digunakan untuk interkoneksi antar sentral, tetapi biasanya digunakan pada sistem jaringan komputer. 

c. Topologi Jaringan Bintang (Star) Dalam topologi jaringan bintang, salah satu sentral dibuat sebagai sentral pusat. Bila dibandingkan dengan sistem mesh, sistem ini mempunyai tingkat kerumitan jaringan yang lebih sederhana sehingga sistem menjadi lebih ekonomis, tetapi beban yang dipikul sentral pusat cukup berat. Dengan demikian kemungkinan tingkat kerusakan atau gangguan dari sentral ini lebih besar. 

d. Topologi Extended Star Topologi Extended Star merupakan perkembangan lanjutan dari topologi star dimana karakteristiknya tidak jauh berbeda dengan topologi star, yaitu: 

 Setiap node berkomunikasi langsung dengan subnode, sedangkan subnode berkomunikasi dengan central node. Traffic data mengalir dari node ke subnode lalu diteruskan ke central node dan kembali lagi.  Digunakan pada jaringan yang besar dan membutuhkan penghubung yang banyak atau melebihi dari kapasitas maksimal penghubung.  Jika satu kabel subnode terputus maka subnode yang lainnya tidak terganggu, tetapi apabila central node terputus maka semua node disetiap subnode akan terputus.  Tidak dapat digunakan kabel yang “lower grade” yang hanya menghandel satu traffic node, karena untuk berkomunikasi antara satu node ke node lainnya membutuhkan beberapa kali hops. 

e. Topologi Jaringan Hirarki atau Pohon (Tree) Topologi jaringan ini disebut juga sebagai topologi jaringan bertingkat. Topologi ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral dengan hirarki yang berbeda. Untuk hirarki yang lebih rendah digambarkan pada lokasi yang rendah dan semakin keatas mempunyai hirarki semakin tinggi. Topologi ini dapat mensupport baik baseband maupun broadband signalling dan juga mendukung, baik contention maupun token bus access. 

f. Topologi Jaringan Cincin (Ring) Untuk membentuk jaringan cincin, setiap sentral harus dihubungkan seri satu dengan yang lain dan hubungan ini akan membentuk loop tertutup. Dalam sistem ini setiap sentral harus dirancang agar dapat berinteraksi dengan sentral yang berdekatan maupun berjauhan. Dengan demikian, kemampuan melakukan switching ke berbagai arah sentral. Keuntungan dari topologi jaringan ini, antara lain tingkat kerumitan jaringan rendah (sederhana), juga bila ada gangguan atau kerusakan pada suatu sentral maka aliran trafik dapat dilewatkan pada arah lain dalam sistem. Yang paling banyak digunakan dalam jaringan komputer adalah jaringan bertipe bus dan pohon (tree), hal ini karena alasan kerumitan, kemudahan instalasi dan pemeliharaan serta harga yang harus dibayar. Tapi hanya jaringan bertipe pohon (tree) saja yang diakui kehandalannya karena putusnya salah satu kabel pada client, tidak akan mempengaruhi hubungan client yang lain. 

Model/Tipe Jaringan Komputer Dalam jaringan terdapat tiga buah peran yang dijalankan. Yang pertama adalah client. Peran ini hanya sebatas pengguna tetapi tidak menyediakan sumberdaya (sharing), informasi, dan lain-lain. Peran kedua adalah sebagai peer, yaitu client yang menyediakan sumberdaya untuk dibagi kepada client lain sekaligus memakai sumberdaya yang tersedia pada client yang lain (peer to peer). Peran yang terakhir adalah sebagai server, yaitu menyediakan sumberdaya secara maksimal untuk digunakan oleh client, tetapi tidak memakai sumberdaya yang disediakan oleh client. Dibawah ini akan dijelaskan jenis-jenis jaringan yang ada : 

a. Model Peer to Peer Peer artinya rekan sekerja. Setiap komputer di dalam jaringan peer mempunyai fungsi yang sama dan dapat berkomunikasi dengan komputer lain yang telah memberi izin. Secara sederhana, setiap komputer pada jaringan peer berfungsi sebagai client dan server sekaligus. Jaringan peer digunakan di sebuah kantor kecil dengan jumlah komputer sedikit, yaitu dibawah sepuluh workstation. Model ini cocok untuk jaringan kecil, seperti Windows for Workgroup. Dalam sistem jaringan ini, yang diutamakan adalah penggunaan program, data dan printer secara bersama-sama. Sistem jaringan ini juga dapat dipakai di rumah. Pemakai komputer cukup memasang netword card di kedua komputernya, kemudian dihubungkan dengan kabel yang khusus digunakan untuk sistem jaringan. 

b. Model Client / Server Model ini memisahkan secara jelas antara server, yaitu yang dapat memberikan layanan jaringan dan client, yaitu yang hanya menerima layanan. Beberapa komputer diatur (setting) sebagai server yang memberikan segala sumberdaya (resource) dari jaringan, seperti printer, modem, saluran dan lain-lain kepada komputer lain yang terkoneksi ke jaringan yang berfungsi sebagai client. Agar server dan client (dan diantara mereka) dapat berkomunikasi, server menggunakan aplikasi jaringan yang disebut server program, sementara client menggunakan client program untuk berkomunikasi dengan server program pada server. Jaringan berbasis server atau client-server diartikan dengan adanya server didalam sebuah jaringan yang menyediakan mekanisme pengamanan dan pengelolaan jaringan tersebut. Jaringan ini terdiri dari banyak client dari satu atau lebih server. Client juga biasa disebut front-end yang meminta layanan, seperti penyimpanan dan pencetakan data ke printer jaringan, sedangkan server yang sering disebut back-end menyampaikan permintaan tersebut ke tujuan yang tepat. Pada Windows NT, Windows 2000, dan Windows Server 2003, jaringan berbasis server diorganisasikan di dalam domain-domain. Domain adalah koleksi jaringan dan client yang saling berbagi informasi. Keamanan domain dan perizinan log on dikendalikan oleh server khusus yang disebut domain controlle. Terdapat satu pengendali domain utama atau Primary Domain Controller (PDC) dan beberapa domain controller pendukung atau Backup Domain Controller (BDC) yang membantu PDC pada waktu-waktu sibuk atau pada saat PDC tidak berfungsi karena alasan tertentu. Primary Domain Controller juga diterapkan di dalam jaringan yang menggunakan server Linux. Software yang cukup andal menangani masalah ini adalah samba yang sekaligus dapat digunakan 10 sebagai penyedia layanan file dan print yang membuat komputer Windows dapat mengakses file-file di mesin Linux dan begitu pula sebaliknya. 

c. Jaringan Hybrid Jaringan hybrid memiliki semua yang terdapat pada dua tipe jaringan diatas. Hal ini berarti pengguna dalam jaringan dapat mengakses sumberdaya yang di-share oleh jaringan peer, dan dapat memanfaatkan seumber daya yang disediakan oleh server pada waktu yang sama. Keuntungan jaringan hybrid adalah sama dengan keuntungan menggunakan jaringan berbasis server dan berbasis peer. Sementara jaringan hybrid memiliki kekurangan seperti pada jaringan berbasis server. 

Protokol Jaringan Komputer Protokol jaringan adalah aturan-aturan atau tata cara yang digunakan dalam melaksanakan pertukaran data dalam sebuah jaringan. Protokol mengurusi segala hal dalam komunikasi data, mulai dari kemungkinan perbedaan format data yang dipertukarkan hingga ke masalah koneksi listrik dalam jaringan. Dalam suatu jaringan komputer, terjadi sebuah proses komunikasi antar entiti atau perangkat yang berlainan sistemnya. Entiti atau perangkat ini adalah segala sesuatu yang mampu menerima dan mengirim. Untuk berkomunikasi mengirim dan menerima antara dua entiti, dibutuhkan saling pengertian di antara kedua belah pihak. Setiap jenis topologi jaringan memiliki protokol tertentu, misalnya pada topologi Bus dikenal protokol Ethernet, dan pada topologi Cincin dikenal protokol Token-Ring. Protokol standar komunikasi data yang menjadi acuan dalam perancangan hardware maupun software jaringan adalah Model Referensi OSI (Open System Interconnection) yang ditetapkan oleh organisasi acuan sedunia ISO (International Standard Organization). Menurut OSI, komunikasi antara 2 komponen dalam jaringan memerlukan 7 lapisan, mulai dari lapisan Aplikasi dimana pengguna memulai pengiriman datanya, hingga lapisan Fisik dimana data dalam bentuk sinyal listrik ditransmisikan melalui media komunikasi. Protokol jaringan praktis yang digunakan dewasa ini pada jaringan Internet maupun Intranet adalah protokol Model Referensi TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Protokol TCP/IP ini merupakan penyederhanaan dari OSI dengan menggabungkan lapisan-lapisannya sehingga tersisa hanya lima lapisan. 

IP merupakan protokol pada network layer yang bersifat: 

 Connectionless, yakni setiap paket data yang dikirim pada suatu saat akan melalui rute secara independen. Paket IP (datagram) akan melalui rute yang ditentukan oleh setiap router yang dilalui oleh datagram tersebut. Hal ini memungkinkan keseluruhan datagram tiba di tempat tujuan dalam urutan yang berbeda karena menempuh rute yang berbeda pula. 

 Unreliable atau ketidakandalan, yakni Protokol IP tidak menjamin datagram yang dikirim pasti sampai ke tempat tujuan. IP hanya akan melakukan best effort delivery, yakni melakukan usaha sebaik-baiknya agar paket yang dikirim tersebut sampai ke tujuan. IP juga didesain untuk dapat melewati berbagai media komunikasi yang memiliki karakteristik dan kecepatan yang berbeda-beda. Pada jaringan Ethernet, panjang satu datagram akan lebih besar dari panjang datagram pada jaringan publik yang menggunakan media jaringan telepon, atau pada jaringan 11 wireless. Perbedaan ini semata-mata untuk mencapai throughput yang baik pada setiap media. Pada umumnya, semakin cepat kemampuan transfer data pada media tersebut, semakin besar panjang datagram maksimum yang digunakan. Akibat dari perbedaan ini, datagram IP dapat mengalami fragmentasi ketika berpindah dari media kecepatan tinggi ke kecepatan rendah (misalnya dari LAN Ethernet 10 Mbps ke leased line menggunakan Point-to-Point Protocol dengan kecepatan 64 kbps). Pada router / host penerima, datagram yang ter-fragmen ini harus disatukan kembali sebelum diteruskan ke router berikutnya, atau ke lapisan transport pada host tujuan. Hal ini menambah waktu pemrosesan pada router dan menyebabkan delay. 

Peralatan Jaringan Komputer Ada beberapa peralatan yang digunakan dalam jaringan, peralatan ini sering digunakan di dalam perkantoran dan perusahan besar. Peralatan ini adalah : 

1. Network Interface Card Dalam memilih network interface card, ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan. Pertimbangan-pertimbangan ini sangat penting untuk diperhatikan, yaitu:  Tipe jaringan seperti Ethernet LANs, Token Ring, atau Fiber Distributed Data Interface (FDDI).  Tipe Media seperti Twisted Pair, Coaxial, Fiber-Optic, dan Wireless.  Tipe Bus seperti ISA dan PCI. 

2. PCMCIA Card PCMCIA card adalah card jaringan yang digunakan untuk terhubung kedalam sebuah jaringan tanpa menggunakan kabel. 

3. Modem Modem atau Modul the Modulator adalah peralatan jaringan yang digunakan untuk terhubung ke jaringan internet menggunakan kabel telepon. 

4. HUB/Switch HUB atau Switch digunakan untuk menghubungkan setiap node dalam jaringan LAN. Peralatan ini sering digunakan pada topologi star dan extended star. Perbedaan antara HUB dan Switch adalah kecepatan transfer datanya, yaitu 10:100 Mbps. 

5. Bridge Bridge adalah peralatan jaringan yang digunakan untuk memperluas atau memecah jaringan. Bridge berfungsi untuk menghubungkan dan menggabungkan media jaringan yang tidak sama seperti kabel unshielded twisted pair (UTP) dan kabel fiber-optic, dan untuk menggabungkan arsitektur jaringan yang berbeda seperti Token Ring dan Ethernet. Bridge me-regenerate sinyal tetapi tidak melakukan konversi protokol, sehingga protokol jaringan yang sama (seperti TCP/IP) harus berjalan kepada kedua segemen jaringan yang terkoneksi ke bridge. Bridge dapat juga mendukung Simple Network Management Protocol (SNMP), serta memiliki kemampuan diagnosa jaringan. Bridge hadir dalam tiga tipe dasar, yaitu Local, Remote, dan Wireless. Bridge local secara langsung menghubungkan Local Area Network (LAN). Bridge remote yang dapat digunakan untuk membuat sebuah Wide Area Network (WAN) menghubungkan dua atau lebih LAN. Sedangkan wireless bridge dapat digunakan untuk menggabungkan LAN atau menghubungkan mesin-mesin yang jauh ke suatu LAN. 

6. Router Router adalah peralatan jaringan yang digunakan untuk memperluas atau memecah jaringan dengan melanjutkan paket-paket dari satu jaringan logika ke jaringan yang lain. Router banyak digunakan di dalam internetwork yang besar menggunakan keluarga protokol TCP/IP dan untuk menghubungkan semua host TCP/IP dan LAN ke internet menggunakan dedicated leased line. 

7. Crimping Tools Crimping tools berguna untuk memotong, merapikan dan mengunci kabel UTP dalam melakukan instalasi Networking. 

Local Area Network (LAN) 

Sistem Pengertian Local Area Network atau biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya mencakup wilayah yang kecil seperti jaringan komputer antar kampus, antar gedung, antar kantor, dalam rumah, dan sekolah. Pada saat ini banyak LAN berbasis teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang memiliki kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbps. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk jaringan LAN. Tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasanya disebut hotspot. Pada sebuah LAN setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri dan berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang diberikan. Sumber daya berupa data atau perangkat seperti printer, scanner, dan lain sebagainya. Pada jaringan LAN, seorang pengguna dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan cara menggunakan aplikasi yang sesuai. 

Berbeda dengan jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN), maka LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut :  Mempunyai pesan data yang tinggi.  Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit.  Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi. Salah satu komputer di antara jaringan komputer akan digunakan menjadi server yang mengatur semua sistem di dalam jaringan LAN tersebut. Tujuan Tujuan utama dalam jaringan lan adalah untuk menghubungkan dua komputer atau lebih dalam satu jaringan sehingga bisa bertukar informasi. Untuk lebih lengkapnya berikut adalah tujuan dibangunnya jaringan LAN:  Menghubungkan antar komputer dalam satu wilayah / lokasi  Komunikasi antar komputer dan perangkat dalam jaringan  Resource Sharing / berbagi data dan program  Menghemat pembiayaan karena perangkat dapat digunakan secara bersama-sama dalam satu jaringan Fungsi Jaringan LAN atau jaringan lokal berfungsi untuk menghubungkan beberapa komputer dalam satu lokasi agar bisa terhubung satu sama lain sehingga akan memudahkan pertukaran data dan mempercepat proses kerja. Dengan adanya jaringan lan ini semua pekerjaan dapat dikerjakan dengan cepat dan mudah karena kita bisa mengakses data dari komputer mana saja, selain itu jaringan lan juga akan menghemat 14 biaya karena perangkat yang ada pada jaringan LAN dapat digunakan secara bersama-sama dengan menggunakan teknik sharing misalnya sharing printer, sharing file dan lain-lain. 

Berikut adalah fungsi dan manfaat jaringan LAN:  Mempercepat proses pertukaran data dalam jaringan (sharing data)  Lebih hemat dan efisien karena perangkat dapat digunakan secara bersama-sama dalam satu jaringan (misal: printer, server, dll)  Memungkinkan informasi dan data tetap up to date sehingga jika ada pembaruan data dalam jaringan dapat dilakukan dengan cepat dan mudah Karakteristik Jaringan LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut :  Mempunyai pesat data yang lebih tinggi karena hanya dalam lingkup satu wilayah saja  Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit (dalam kantor, kampus, sekolah atau rumah)  Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi (tidak membutuhkan akses internet) Prinsip Kerja Jaringan LAN dapat definisikan sebagai network atau jaringan sejumlah system komputer yang lokasinya terbatas didalam satu gedung, satu kompleks gedung atau suatu kampus dan tidak menggunakan media fasilitas komunikasi umum seperti telepon, melainkan pemilik dan pengelola media komunikasinya adalah pemilik jaringan LAN itu sendiri dari definisi diatas dapat kita ketahui bahwa sebuah jaringan LAN dibatasi oleh lokasi secara fisik. Adapun penggunaan jaringan LAN itu sendiri mengakibatkan semua komputer yang terhubung dalam jaringan dapat bertukar data atau dengan kata lain berhubungan. Kerjasama ini semakin berkembang dari hanya pertukaran data hingga penggunaan peralatan secara bersama. Jaringan LAN yang umumnya menggunakan hub/switch akan mengikuti prinsip kerja hub itu sendiri. Dalam hal ini adalah bahwa hub tidak memiliki pengetahuan tentang alamat tujuan sehingga penyampaian data secara broadcast, dan juga karena hub hanya memiliki satu domain collision sehingga bila salah satu port sibuk maka port-port yang lain harus menunggu. Itulah diantara kelebihan dan kekurangan jaringan LAN. Komponen dan Langkah Pembuatan Jaringan LAN merupakan jaringan komputer local yang digunakan untuk area terbatas seperti rumah ataupun sekolah. 

Jaringan LAN sangat mudah dibuat karena hanya membutuhkan beberapa peralatan dan setting pada komputer. 

 Workstation, yaitu node atau host yang berupa sebuah sistem komputer. 

 Server, yaitu suatu Perangkat keras (hardware) yang memiliki fungsi untuk melayani jaringan dan workstation yang terhubung pada jaringan tersebut. Pada umumnya sumber daya (resources) seperti printer, disk, dan lain sebagainya yang hendak dipakai secara bersama oleh para pemakai di workstation berada dan bekerja pada sebuah server.  

 Link, Workstation dan server tidak bisa berfungsi jika peralatan tersebut secara fisik tidak terhubung.  Router adalah alat yang terpenting pada sebuah jaringan, bisa dikatakan sebagai jantung pada jaringan. Router berfungsi untuk menghubungkan jaringan satu dengan jaringan lainnya. Biasanya router menghubungkan jaringan internet dengan jaringan LAN. 

 Switch berbeda dengan router, switch berfungsi untuk menghubungkan masing-masing komputer pada jaringan LAN.  Ethernet Card adalah adapter untuk mencolokkan kabel ethernet sehingga komputer bisa tersambung ke jaringan. Biasanya pada komputer terbaru kartu ini telah disematkan secara onboard sehingga anda tidak perlu membeli lagi. 

 Ethernet Cable adalah kabel yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke router atau bisa juga komputer satu ke komputer lainnya. Ujung kabel ini diberi sebuah konektor yang disebut RJ45. RJ-45 memiliki 2 pengaturan, yaitu straight dan cross. Straight digunakan untuk menghubungkan komputer ke router, sedangkan cross digunakan untuk menyambungkan komputer dengan komputer secara langsung. 

 Modem, jika ingin menghubungkan jaringan anda ke internet, maka harus membeli sebuah alat yaitu modem. Jika tidak membeli sebuah modem, maka komputer hanya bisa berkomunikasi dengan komputer lainnya yang terdapat pada jaringan LAN. 

 Peralatan pelengkap lainnya yaitu crimping tool, LAN tester, gunting, multimeter. Crimping tool digunakan untuk menyambungkan RJ-45 dengan kabel ethernet. LAN tester digunakan untuk testing kabel LAN yang sudah dibuat agar dapat diketahui kabel tersebut telah berfungsi atau tidak. Anda juga bisa meminta tolong kepada penjual kabel ethernet untuk memasangkan RJ-45 sehingga anda tinggal memasangkan kabel tersebut menuju router dan komputer. 

Setelah hardware terpasang lanjut ke tahap untuk mensetting software. Setting meliputi instalasi OS, setting network connection, konfigurasi TCP/IP Address, terakhir uji coba jaringan yang telah dipasang. Mengaktifkan Internet Connection Sharing ICS yang bertujuan untuk membagikan koneksi internet komputer host menuju komputer lain. Untuk mengaktifkan ICS pada komputer server, buka Control Panel, klik Change Adapter and Internet, klik Network and Sharing Center, klik Change Adapter Center, klik kanan pada koneksi yang ingin dibagikan, klik Properties, klik tab Sharing, lalu centang kotak Allow other network users to connect through this computer’s Internet connection, simpan. Sampai tahap ini hanya komputer server yang biasa terhubung ke internet setelah koneksi dibagikan, maka masingmasing komputer harus mendapatkan IP Address dengan cara : 

 Buka Control Panel, klik Network and Internet, klik Network and Sharing Center, klik Change Adapter Center. 

 Klik kanan pada koneksi LAN, klik properties. 

 Klik Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) atau Internet Protocol Version 6 (TCP/IPv6), kemudian pilih properties. 

 Klik Obtain IP address automatically atau Obtain an IPv6 address Automatically.

PASANG PADA SMART BUILDING

Kemajuan teknologi pada sistem bangunan telah menyebabkan perkembangan luas pada Smart Building. Smart Building adalah salah satu yang menggunakan teknologi untuk mengotomatiskan pengoperasian sistem bangunan untuk meningkatkan keselamatan, efisiensi, dan kenyamanan penghuni. Smart Building menggunakan teknologi untuk memantau sistem fasilitas dan membuat penyesuaian yang diperlukan. Tujuan dari Smart Building adalah menggunakan komputer dan perangkat lunak untuk mengontrol pencahayaan, sistem alarm, HVAC (heating, ventilation, air-conditioning), dan sistem lainnya hanya melalui satu antarmuka komputer. Meskipun tidak ada standar universal untuk Smart Building, ada beberapa karakteristik umum yang dimiliki dan biasanya ditawarkan oleh sebagian besar Smart Building: 

 Kemampuan untuk mengendalikan sistem bangunan utama. Fungsi paling mendasar yang diperlukan untuk Smart Building adalah mengendalikan sistem bangunan utama yang memengaruhi keselamatan, efisiensi, dan kenyamanan penghuni. Sistem-sistem itu termasuk HVAC, sistem kebakaran dan keselamatan jiwa, alarm, kontrol akses, atau sistem lain yang penting untuk operasional fasilitas bangunan. 

 Kemampuan untuk melakukan tugas manajemen yang kompleks. Smart Building mampu mengelola sistem secara proaktif sesuai dengan jadwal yang ditetapkan dan variabel, kondisi lingkungan, dan kejadian darurat. 

 Kemampuan untuk mengoordinasikan tindakan antara beberapa sistem sekaligus. Smart Building harus mampu mengendalikan banyak sistem secara bersamaan untuk mencapai satu tindakan terkoordinasi. 

 Kemampuan berkomunikasi dan melaporkan. Sistem Smart Building mampu menghasilkan informasi dan laporan terperinci yang dikustomisasi menggunakan praktik konektivitas modern (seperti xml melalui IP). Informasi ini digunakan oleh facility manager untuk memantau fasilitas bangunan. Sistem Smart Building dapat menghasilkan laporan komprehensif, mengirim peringatan email otomatis, dan menghasilkan laporan khususlainnya yang diperlukan oleh facility manager. Selain itu, sistem Gedung Cerdas berkomunikasi dengan sistem luar, fasilitas, pemangku kepentingan, kantor jarak jauh atau kantor pusat, atau entitas lain yang diidentifikasi oleh facility manager. Jadi secara umum kita semua dapat sepakat bahwa interkonektivitas dan pengumpulan data realtime yang membuat bangunan “cerdas” dan memungkinkan pemilik bangunan dan pengelola jaringan untuk mengurangi biaya serta membuat bangunan lebih hemat energi dan lebih aman. Bangunan berevolusi menjadi ekosistem terintegrasi, dan pada akhirnya bangunan sebagai layanan. Nantinya bangunan akan menjadi lingkungan yang sepenuhnya digital yang semuanya tentang menciptakan pengalaman baru. Seperti yang diilustrasikan di sini, konektivitas dan telekomunikasi merupakan hal mendasar untuk kesuksesan ini. Untuk memenuhi harapan penggunaan dalam gedung, kita perlu membangun infrastruktur yang signifikan di dalam gedung kita. 

Semua ini menimbulkan pertanyaan: apakah infrastruktur yang ada sekarang siap untuk mendukung teknologi ini?

Penulis, dosen pemrograman, arsitektur komputer dan distributed control system di JTE Politeknik Negeri Bali



Senryu ~ GAYUNG BERSAMBUT ~ HaikuKU Indonesia

 

gayung bersambut

kisah kelam negeri. G30S PKI th 65.

 

#1.

pemberontakan

tujuh jendral terbunuh

berita fajar

 

(imas utami lokayanti utami)

 

berita fajar

komunisme dilarang

satukan tekad

 

(bli gede bagus suputra)

 

satukan tekad

tetap bersatu padu

rapat barisan

 

(faiq bahfen nlp)

 

rapat barisan

menjaga pancasila

untuk negeri

 

(bli gede bagus suputra)

 

untuk negeri

gencar pemberontakan

berita fajar

 

(eti rohaeti)

  

berita fajar

gerak licik PKI

kudeta gagal

 

(romli mohammad)

 

kudeta gagal

jendral jendral terbunuh

nestapa negri

 

(eryandi dahlan)

 

nestapa negri

gerombolan bersorak

lagu nan pilu

 

(imas utami lokayanti utami)

 

lagu nan pilu

penari genjer genjer

jenderal gugur

 

(abah shomad)

 

jenderal gugur

tragis dan mengenaskan

lubang buaya

 

(ninok ruhiyat)

 

 lubang buaya

mencekam kala itu

darah pahlawan

 

(abah shomad)

 

darah pahlawan

riwayat memilukan

komunis kejam

 

(ida munfarida)

 

komunis kejam

sumur lubang buaya

saksi membisu

 

(imas utami lokayanti utami)

 

saksi membisu

sumur tua berlumut

tinggal sejarah

 

(eti rohaeti)

 

tinggal sejarah

nyanyi kebiadaban

lagu nan pilu

 

(imas utami lokayanti utami)

 

 lagu nan pilu

gema merasuk jiwa

gugur pahlawan

 

(dida meidiani)

 

gugur pahlawan

ditikam palu arit

sejarah kelam

 

(helmansyah moeis)

 

gugur pahlawan

tujuh di satu lahat

sumur nan tua

 

(hyang purwa galuh)

 

sumur nan tua

palu dan arit tumbang

musuh bersama

 

(eryandi dahlan)

 

musuh bersama

seperti buang bangkai

lubang buaya

 

(eti rohaeti)


lubang buaya

darah jendral tercecer

PKI keji

 

(ida munfarida)

 

PKI keji

jejak hitam negeri

sejarah kelam

 

(eti rohaeti)

 

sejarah kelam

hitam sulit dibaca

politik pelik

 

(hyang purwa galuh)

 

politik pelik

merajut makna kelam

catat sejarah

 

(dida mediani)

 

catat sejarah

tumpas tanpa ampunan

satukan tekad

 

(eti rohaeti)

 

satukan tekad

tumpas faham komunis

tanah merdeka

 

(zahra gusmayanti)

 

tanah merdeka

bersatu dalam beda

lawan komunis

 

(bli gede bagus suputra)

 

lawan komunis

pembunuh tujuh jendral

jangan terulang

 

(ariani yuhana)

 

jangan terulang

nafsu angkara murka

sejarah kelam

 

(eti rohaeti)

 

sejarah kelam

di tahun enam lima

PKI jahat

 

(titin supriyatin)



PKI jahat

palu dan arit tumbang

pahlawan gugur

 

(eryandi dahlan)

 

gugur pahlawan

perjuangan memuncak

demi pertiwi

 

(ariani yuhana)

 

demi pertiwi

jangan lupa sejarah

laknat komunis

 

(helmansyah moeis)

 

laknat komunis

pembunuh tujuh jendral

jangan terulang

 

(ariani yuhana)

 

jangan terulang

kelam bumi pertiwi

catat sejarah

 

(eti rohaeti)

 

catat sejarah

tertulis dalam kelam

senyum nasakom

 

(abah shomad)

 

senyum nasakom

goyang pinggul gerwani

komunis kejam

 

(risyani)


komunis kejam

hukum tujuh turunan

PKI musnah

 

(andri dewi)

 

PKI musnah

kalut digugat hukum

sidang mahmilub

 

(Bli Gede Bagus Suputra)

 

sidang mahmilub

menjadi saksi bisu

gedung bappenas

 

(ali)

 

gedung Bapennas

korban para PKI

sejarah bangsa

 

(ivo sari)

 

sejarah bangsa

bukti aksi yang kejam

duka september

 

(ai rohana)

 

duka september

sergapan tengah malam

kian mencekam

 

(ariani yuhana)

 

terus waspada

ajarkan anak cucu

pertebal iman

 

(helmansyah moeis)

 

pertebal iman

musnahkanlah PKI

kenangan kelam

 

(eti rohaeti)


kenangan kelam

berjuang jaga gawang

negri menangis

 

(imas utami lokayanti utami)

 

negri menangis

politik adu domba

kejamnya zaman

 

(zahra gusmayanti)

 

kejamnya zaman

sejarah paling kelam

pemberontakan

 

(agus adzat)

 

pemberontakan

sejarah paling kelam

tak terlupakan

 

(diro aritonang)

Saturday, October 17, 2020

History of Startup JAGO SERVIS

 

HISTORY of STARTUP JAGO SERVIS

I Gede Suputra Widharma

 

Dari data dan fakta maka dapat ditentukan bahwa startup merupakan pengertian dari semua perusahaan yang belum lama beroperasi atau perusahaan rintisan. arti dari kata startup adalah sesuatu yang merujuk pada perusahaan yang belum lama beroperasi. Perusahaan-perusahaan ini sebagian besar merupakan perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat Jadi kalau dirangkum secara singkat startup adalah perusahaan baru yang sedang dikembangkan atau belum lama beroperasi. Oleh karena itu startup sering disebut sebagai perusahaan rintisan.

 

Startup kini sangat digandrungi oleh kalangan muda yang ingin memulai usaha karena pertama Lokasi dan waktu bukanlah hal yang penting menyalurkan jiwa muda ke dalam berbagai kegiatan menyenangkan dalam hidup menjadi hal yang lumrah. Sebut saja kegiatan traveling mengunjungi berbagai tempat di Indonesia yang penuh dengan keindahan. Belum lagi, banyaknya kegiatan yang ingin di coba semasa muda. Tentu saja, bekerja dengan waktu yang terbatas dan lokasi yang tidak memungkinkan menjadi hambatan. Kini bisnis startup dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja . Layaknya memulai jenis bisnis-bisnis yang lain, memulai bisnis startup tentu bukanlah hal yang mudah. Karena membutuhkan sebuah konsep yang inovatif dalam memenuhi kebutuhan pasar serta sikap persisten dalam menjalankannya.

 

Oleh karena itu, fleksibilitas dari sang pebisnis sangat diperhitungkan. Yang kedua adalah Memperluas koneksi Berjejaring (networking) merupakan sebuah keahlian yang harus dimiliki oleh setiap orang, terlebih jika masih berada di usia muda. Sebab, bukan hanya memperluas pengetahuan, dengan terbukanya jejaring , berbagai kesempatan pun akan datang menghampiri. Inilah yang menjadi alasan luasnya koneksi menjadi impian bagi anak muda.Tidak perlu lagi berusaha untuk mendapatkan peluang untuk memperoleh pekerjaan. Dengan luasnya koneksi yang dibangun, dengan sendirinya kita akan dihampiri kesempatan untuk memperluas bisnis startup yang telah dimulai. Tentu saja, keahlian ini bukanlah hal yang mudah untuk dipelajari. Di dalamnya, kita perlu menyertakan ketulusan, kecerdasan, dan citra yang baik, demi terwujudkan koneksi baik yang luas. Dan yang terakhir adalah Ajang menunjukkan bakat dan kreativitas Idealisme yang anak muda miliki menjadikan bisnis startup sebagai lahan yang pas dalam hal  aktualisasi diri. Tidak perlu lagi terpaut dengan peraturan dan ketentuan berkreasi yang terbatas saat terjun ke dunia pekerjaan konvensional. Inilah ajang untuk menunjukkan bahwa ide yang dimiliki dapat ikut serta bersaing dalam bisnis.

 

Untuk membuat startup berbasis online yang dapat menarik minat konsumen dan memiliki daya guna yang optimal kita dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi yang ada seperti beberapa software yang dapat menunjang startup yang telah kita buat. contohnya Microsoft Visual Studio dan android studio yang digunakan untuk membuat aplikasi startup agar mudah menjangkau konsumen dimanapun dan kapanpun hanya dengan mendownload aplikasi yang sudah selesai kita buat. Setelah selesai mebuat aplikasi tidak lengkap bila tidak menambahkan beberapa design produk yang kita tawarkan design produk ini dapat dibuat dengan aplikasi corel draw, adobe photoshop dan adobe illustrator yang nantinya dapat menunjang startup kita agar menarik bagi konsumen. Selain membuat aplikasi pelaku usaha startup juga sebaiknya membuat website sebagai ajang promosi, karena website merupakan kesan pertama bagi pelanggan Website dengan desain yang tidak enak dipandang mata tentu saja meninggalkan kesan yang tidak enak bagi pengunjung , apalagi jika ini pertama kali mereka mengunjungi website kita.

 

Pengembangan dan pembuatan website tidak sekadar bagaimana kekuatan SEO bisa menarik pengunjung, namun juga pengalaman pengunjung saat sudah berada di website kita. Semakin nyaman tampilan dan navigasi website Anda bagi mereka, semakin baik pula kesan Anda di mata mereka. Terdapat beberapa aplikasi yang dapat membantu kita mendesign website yang telah kita buat contohnya Prototyping tools Invision , Prototyping tools Pidoco, dan WebFlow.

 

Aplikasi digital Jago Servis merupakan startup yang bergerak di bidang keteknikan; perbaikan, pemeliharan dan pemasangan AC, penggantian kapasitor AC, Pembersihan serta penggantian freon AC dan lain sebagainya, selain itu ada juga produk lainnya seperti CCTV, solar cells, komputer, mekanik kelistrikan, plumbing, kitchen set, gardenia, pool, dan lain-lain. System dari aplikasi Jago Servis ini sama seperti aplikasi penyedia jasa lainnya yaitu konsumen dapat memesan jasa yang diinginkan melalui aplikasi dan membayarnya melalui atm yang akan ditransferkan ke penyedia jasa tersebut setelah ditarnsferkan penyedia jasa akan dating ke tempat yang sudah di input sebelumnya dalam aplikasi. Kehandalan dari aplikasi Jago Servis itu sendiri ditinjau dari 3 aspek yaitu kualitas sistem (system quality), kualitas informasi (information quality) dan kualitas pelayanan (service quality) mempunyai kehandalan yang sudah optimal sesuai dengan fungsinya dan memiliki daya guna yang tinggi karena aplikasi jago servis memiliki konsep yang unik dan memang dibutuhkan oleh masyarakat saat ini. Hanya perlu ditingkatkan lagi untuk masalah produk yang ditawarkan dan sistem pembayaran yang lebih beragam.

 

Agar startup yang dibuat dapat berjalan dengan baik dan memiliki daya guna yang tinggi kami dapat menyarankan untuk memulai membuat startup dengan menggali ide-ide kreatif sebagai konsep untuk memulai usaha startup, memanfaatkan sumber daya yang ada seperti teknologi digital yang sudah sangat berkembang pada jaman ini. Seperti halnya pada aplikasi startup Jago Servis yang mempunyai konsep yang kreatif dan bisa menjadi jawaban bagi masalah yang ada saat ini. Tetapi perlu adanya peningkatan daya guna pada aplikasi Jago Servis tersebut dengan memperluas koneksi dengan penyedia jasa servis agar jasa servis yang ditawarkan lebih beragam. Dan yang paling penting untuk memulai startup adalah tidak takut untuk mencoba hal-hal yang baru.

 

Penulis, Founder and Business Development of Jago Servis, dosen distributed control system pada otomasi Politeknik Negeri Bali



Unicorn

 

MEMBESARKAN STARTUP MENUJU UNICORN

I Gede Suputra Widharma

 

HISTORY of UNICORN  

Dalam kemajuan teknologi yang begitu pesat banyak perubahan terjadi di dunia dari dunia kesehatan, pendidikan, manufaktur, pembayaran, penjualan dan di berbagai macam kegiatan semua berpengaruh pada teknologi dan setiap kegiatan ada tingkatan teknologi yang mengatur berjalan nya suatu kegiatan dan yang paling berpengaruh besar terhadap perusahaan dibidang penjualan yang memberikan value terhadap persusahaaan dan negara yang mempunyai perusahaan yang berbasis teknologi dan penelitian ilmiah, secara  Hierarki arti kata unikon dalam kamus KBBI adalah tingkatan.

Definisi Unicorn adalah perusahaan rintisan milik swasta yang nilai kapitalisasinya lebih dari $1 miliar. Unicorn berkaitan erat juga dengan StartUP ,dan definisi dari Startup adalah sebuah perusahaan rintisan, umumnya disebut startup (atau ejaan lain yaitu start-up), merujuk pada semua perusahaan yang belum lama beroperasi. Dari definisi diatas dapat kita simpul bahwa bisnis startup adalah suatu bisnis yang baru berkembang. Namun, bisnis startup ini lebih identik bisnis yang berbau teknologi, web, internet dan yang berhubungan dengan ranah tersebut. Bisnis startup berkembang akhir tahun 90an hingga tahun 2000, nyatanya istilah Startup banyak.

Unicorn merupakan istilah yang sangat familiar di dunia perusahaan rintisan atau startup. Istilah unicorn digunakan untuk mendeskripsikan perusahaan privat yang telah mengantongi valuasi lebih dari US$1 miliar. Istilah unicorn di dunia startup pertama kali diperkenalkan oleh pemodal kapital Aileen Lee pada tahun 2013. Lee menggunakan istilah unicorn untuk mendefinisikan perusahaan teknologi yang dinilai memiliki ide dan solusi tak biasa dengan valuasi lebih dari US$1 miliar. Revolusi Industri 4.0 adalah tren di dunia industri yang menggabungkan teknologi otomatisasi (penggunaan mesin, sistem kontrol, dan teknologi informasi untuk optimisasi produksi dan pengiriman barang dan jasa.) dengan teknologi cyber (sarana yang dibutuhkan oleh manusia untuk melakukan kejahatan).

Pada industri 4.0, teknologi manufaktur sudah masuk pada tren otomatisasi dan pertukaran data. Hal tersebut mencakup sistem cyber-fisik, internet of things (IoT), komputasi awan, dan komputasi kognitif. Tren ini telah mengubah banyak bidang kehidupan manusia ,termasuk ekonomi,dunia kerja,bahkan gaya hidup manusia itu sendiri.Singkatnya revolusi 4.0 menanamkan teknologi cerdas yang dapat terhubung dengan berbagi bidang kehidupan manusia. Jadi Heirarki Start Up Unicorn dalam Revolusi Industri 4.0 adalah Tingkatan perusahaan perinitis dengan perusahaan bergerak di bidang teknologi yang dapat terhubung dengan kehidupan manusia dengan menggabungkan teknologi otomasisasi dengan teknologi cyber.

 

INTRODUCTION of STARTUP  

Startup dilihat dari ejaan katanya start-up yang berarti baru memulai,jadi bisa dilihat bahwa startup merupakan sebuah perusahaan yang baru dirintis berdasarkan faktor – faktor tertentu menurut keadaan lingkungan saat ini,jadi ada beberapa faktor yang membuat sebuah perusahaan tergolong perusahaan startup yaitu:

Usia perusahaan

Jika ibu hamil ibarat sebuah perusahaan, maka anak yang baru lahir bisa ibaratkan bisnis yang baru akan di jalankan baru berumur kurang dari 3 tahun.

Jumlah karyawan minimalis

Pada umumnya startup memiliki jumlah karyawan yang sedikit kurang lebih 30 orang.

Sumber daya manusia multitasking

Meskipun berawal memilki karyawan yang relatif sedikit namun karyawan memiliki talenta terbaik dan ahli yang berada di bidangnya masing-masing.

Semangat kerja tinggi

Selain itu, karyawan yang bekerja di startup umumnya berasal dari kaum milenial yang berusia muda dan melek teknologi. Biasanya perusahaan ini didirikan oleh anak muda berkisar 20 sampai 35 tahun. Sehingga dengan rentang usia tersebut masih memiliki banyak keinginan yang selalu ingin dikejar yang diiringi dengan semangat yang menggebu-gebu.

Umumnya bergerak di bidang teknologi

Meski pengertian sesungguhnya sebuah startup, namun tidak harus selalu di bidang teknologi. Seringkali kita temui beberapa startup yang ada saat ini pasti memiliki di bidang teknologi.

Website menjadi sarana utama

Perusahaan startup pastinya memiliki website pribadi untuk menjalankan segala pekerjaannya, yaitu untuk menawarkan dan mempromosikan produk yang dijual. Bisnis yang mereka jalankan meliputi jasa online yang pengoperasiannya menggunakan aplikasi pada yang selalu terhubung dengan website perusahaan itu sendiri.

Konsumen startup adalah prioritas

Target dari berdirinya sebuah startup adalah untuk memperoleh konsumen sebanyak-banyaknya. Oleh karena itu startup selalu menghadirkan inovasi-inovasi untuk memanjakan setiap konsumen yang dimilikinya.

 

            Lalu apa sebenarnya target utama pembentukan dari startup itu sendiri?, menurut saya tujuan akhir dari perusahaan startup akan berbeda-beda untuk berbagai pihak.

Investor tahap awal : Mereka menghendaki setidaknya mendapatkan 10x imbal hasil dari uang yang mereka investasikan, karena mereka mengambil resiko lebih awal dalam proses

Investor tahap akhir : IPO adalah tujuan akhir dari pihak ini dimana semua investor mendapatkan kesempatan untuk melakukan realisasi atas profit mereka.

Pendiri : Idealnya pada saat IPO pendiri memiliki 15–17% saham yang didirikan dan tentunya startup tersebut sudah meraih status Unicorn

Karyawan : Bagi karyawan awal yang mendapatkan opsi saham di awal berdiri nya perusahaan, ini adalah kesempatan bagi mereka untuk dapar melikuidasi opsi saham mereka dan mendapatkan imbal hasil.

Bagi perusahaan nya sendiri tujuan akhir nya tentu menjadi perusahaan publik dan tetap bertumbuh secara konsisten.

Hierarki Startup Unicorn Dalam Revolusi Industri 4.0

            Sebelum melanjutkan,sebetulnya apasih unicorn tersebut?.Unicorn sendiri merupakan suatu startup yang memiliki nilai valuasi lebih dari $1 miliar, di Indonesia sendiri hanya ada empat startup yang bisa digolongkan sebagai unicorn yaitu Gojek,Traveloka,Tokopedia dan Bukalapak hal ini juga tidak lain karena dalam kurun waktu yang baru – baru saja berlalu ke – 4 startup tersebut diberi suntikan dana oleh investornya lebih dari $1 miliar,nah lalu apasih arti nilai valuasi itu sendiri? Nilai valuasi merupakan suatu ketetapan nilai dimana harga dari saham total perusahaannya yang bisa diakuisisi,contohnya ketika ada sebuah unicorn dengan nilai valuasi sebesar $2 miliar,maka setidaknya kita harus membayar $2 miliar untuk memegang nilai penuh/mengakuisisi startup tersebut,lalu bagaimana sih cara menciptakan Unicorn di era industri 4.0 seperti sekarang? Mungkin kita bisa belajar dari 4 Unicorn yang ada di Indonesia.

  • Gojek

Rahasia membuat startup dari GO-JEK adalah memaksimalkan fitur aplikasi mobile yang mereka punya agar orang dapat menjangkau layanan mereka. Selain itu, mereka juga aktif melihat pasar untuk mendapatkan peluang positif bagi produk mereka.

  • Bukalapak

Rahasia membuat startup ala Bukalapak adalah soal teknologi dan riset pasar. Website dan aplikasi mobile yang menjadi produk Bukalapak, terus dimaksimalkan agar fitur-fitur yang ada memudahkan audiens. Kemudian, Bukalapak juga berusaha untuk tahu keinginan pasar agar Bukalapak tetap bisa meluncurkan produk-produk yang relevan dengan pasar.

  • Traveloka

Apa yang menjadi rahasia membuat startup dari nol hingga menjadi unicorn ala Traveloka? Jawabannya adalah teknologi dan mencari peluang. Teknologi membuat Traveloka harus keluar dari zona nyamannya di website dan menambah channel di aplikasi mobile. Selain itu, tren pasar yang semakin gemar wisata membuat Traveloka harus bertransformasi dari layanan pencarian tiket transportasi menjadi pemecah solusi bagi orang-orang yang ingin berwisata.

  • Tokopedia

Tahu kan rahasia membuat startup dari nol hingga unicorn ala Tokopedia? Ya betul, Tokopedia memanfaatkan teknologi dan riset pasar. Dengan aplikasi mobile, Tokopedia menjangkau pasar yang lebih luas lagi. Dengan riset pasar, Tokopedia mampu menghadirkan produk yang sesuai kebutuhan masyarakat.

Jadi bisa kita simpulkan untuk menciptakan suatu Unicorn maka kemampuan untuk melihat peluang pasar dan teknologi sangat diperlukan.

PELUANG TERCIPTA UNICORN JAGO SERVIS

Sistem Jago Servis

Jago servis merupakan  aplikasi untuk mempromosikan barang dan jasa secara online. Jago servis dimiliki dan dioperasikan oleh PT. Global Internasional Servis (GIS) jago sevis melayani management pemeliharaan, seperti hotel / villa, pertokoan, rumah sakit dan fasilitas umum. Teknisi jago servis wajin mengikuti program pelatihan dan sertifikasi jago servis academy, yang bekerja sama dengan perguruan tinggi di bali dan asosiasi teknisi nasional dan internasional. Dan jago servis dirilis pada tanggal 12 oktober 2019. Jago Servis cenderung  pada bidang jasa teknologi seperti pendingin ruangan atau AC ,pemasangan CCTV, buggy, fire suppression, genset, kelistrikan, kitchen set, computer, las, lif, MCFA, PABX, pekerjaan finishing, pekerjaan kayu, pemanas air,  pemipaan, pengolahan limbah, peralatan kolam, peralatan laundry, pompa air, software hotel, solahart, sound system, wifi internet.Jasa dan produk dapat kita pilih dalam satu aplikasi bernama Jago Servis.

Analisis Kehandalan Jago Servis

            Keunggulan dari jago servis adalah banyak produk produk teknologi yang bisa diperbaiki dan jago servis bisa dengan mudah di akses selain itu aplikasi jago servis terbilang cukup murah untuk perbaikan. dan dengan mudah  menemukan teknisi ketika kita menemukan masalah dan produk produk lainnya. Masalah yang biasanya terjadi adalah masalah kerusakan AC, genset, computer, pekerjaan finising, pekerjaan kayu, pemanas air, pemipaan, wifi interne, Teknisi jago servis sudah mengikuti pelatihan dan mempunyai sertifikasi jago servis jadi tidak perlu khawatir kalo menggunakan jasa seperti jago servis.

Penulis, founder and IT development manager Jago Servis, dosen JTE Politeknik Negeri Bali