Thursday, July 24, 2008

Multipartai vs Golput



BANYAK PILIHAN BUAT RAKYAT, JADI BUAT APA GOLPUT
I Gede Suputra Widharma, ST, MT
Pemilihan umum 2009 memang masih sekitar satu tahun lagi. Pemilu yang akan menentukan nasib bangsa ke depan, dengan memilih wakil rakyat DPR dan DPD serta Pemimpin negeri ini. Mereka yang akan menentukan kebijakan negara bagi rakyatnya, dan mestinya rakyat sudah tahu mana yang baik dan mana yang kurang (ajar), bahkan mana calon yang busuk, karena yang maju nanti sebagian besar masih yang itu-itu juga. Walau pun masih setahun, tapi euforia menyongsong perhelatan nasional itu sudah mulai di sana-sini sejak saat ini. Bahkan di Bali rentetannya berbarengan dengan Pilkada yang juga melibatkan para pemuncak negeri dan melibatkan seluruh rakyat Bali. Gaung nyoblos belum sirna di Bali, malah jadi semakin kencang sejak KPU mengijinkan partai untuk mulai berkampanye bagi pemilu tahun depan. Sejumlah bendera dan umbul-umbul partai baru yang dipasang meramaikan ruas-ruas jalan di berbagai daerah untuk sosialisasi, tidak kalah dengan partai-partai lama yang telah dikenal masyarakat luas.
Pasca keruntuhan rezim Orde Baru, tuntutan demokrasi sangat kuat di negeri ini dalam bentuk reformasi di bidang politik. Salah satu wujud reformasi tersebut adalah dalam pendirian partai politik sebagai salah satu bentuk kebebasan berekspresi. Dengan pemilu yang multipartai seperti yang terjadi pada masa pemerintahan Soekarno, akan ada banyak visi misi dan program yang disampaikan yang bagi rakyat pemilihnya. Multipartai setidaknya memberi pilihan yang lebih variatif kepada masyarakat, untuk memilih sesuai dengan hati nurani dan harapannya yang tercermin dari visi misi parpol tersebut. Partai merupakan alat pencapaian kekuasaan dan saluran politik resmi yang diakui perundang-undangan untuk mewujudkan harapan rakyat yang memilihnya.
Pada tahun ini tercatat sekitar 95 partai baru yang mendaftarkan diri ke Departemen Hukum dan HAM sebagai peserta Pemilu, dan kemudian oleh KPU ada 34 partai politik yang dinyatakan berhak ikut pemilu tahun depan. Dari sekian banyak partai tersebut, dapat dipilah menjadi tiga bentuk partai politik yang ditawarkan pada masyarakat. Ada parpol yang murni berbentuk partai nasionalis seperti PDIP, Golkar, PNIM, Demokrat, PNBK, hingga Hanura dan Gerindra. Ada parpol yang seminasionalis yang terbuka tapi memiliki basis massa tertentu sebagai pendukungnya, seperti PKB dan PAN dengan massa kelompok agama ataupun dengan basis kalangan tertentu seperti Partai Buruh, Serikat Pekerja, hingga Pemuda dan Patriot. Ada juga partai yang murni berbentuk sebagai partai religius/agama seperti PPP, PKS, PDS, dan PBR. Dari bentuk-bentuk ini pun dapat lagi dipilah menjadi beberapa bentuk lagi sesuai dengan sejarah berdiri dan pendukungnya. Misalnya untuk partai berbentuk nasionalis dapat dipilah sesuai massa pendukungnya, seperti birokrat, saudagar, kaum marhaen, kaum tani, keluarga angkatan, dan lain-lain. Belum lagi pengelompokan pada partai berbentuk seminasional dan partai yang berbentuk religius. Mungkin ada sekitar 8-10 pengelompokan parpol.
Maraknya partai politik baru menjelang Pemilu sejatinya bukan hanya ekstase publik menumbuhkan demokrasi. Partai yang tak mampu memenuhi electoral treshhold tampak cukup mudah bermetamorfosis, demikian juga dengan partai yang tidak lolos verifikasi, pada kesempatan berikutnya cukup mendaftarkan kembali partainya dengan nama yang hampir serupa, atau nama beda sedikit tapi akronimnya sama. Walaupun demikian masih banyak politisi yang memang berjuang untuk rakyat, baik yang ada di parpol lama maupun yang baru membuat parpol. Daripada membiarkan politisi busuk yang hanya janji-janji dan KKN yang terpilih ke gedung DPR/MPR, gunakan hak pilih kita untuk memberi dukungan pada politisi yang benar-benar berjuang untuk rakyat agar bisa menjadi wakil rakyat dan pemimpin kita lima tahun ke depan. Ada banyak partai yang menawarkan programnya dan ada banyak caleg dengan track record masing-masing. Saatnya untuk memilih yang tepat untuk Nusantara dan Pancasila kita, jangan sia-siakan hak kita dan membiarkan kebusukan bersama kita selama lima tahun kedepan.
Penulis, dosen Sistem Informasi/Teknik Elektro Politeknik Negeri Bali, warga Serongga Kelod Gianyar

1 comment:

infogue said...

artikel anda :

http://politik.infogue.com/
http://politik.infogue.com/multipartai_vs_golput

promosikan artikel anda di www.infogue.com dan jadikan artikel anda yang terbaik dan terpopuler menurut pembaca.salam blogger!!!