Saturday, October 17, 2020

Unicorn

 

MEMBESARKAN STARTUP MENUJU UNICORN

I Gede Suputra Widharma

 

HISTORY of UNICORN  

Dalam kemajuan teknologi yang begitu pesat banyak perubahan terjadi di dunia dari dunia kesehatan, pendidikan, manufaktur, pembayaran, penjualan dan di berbagai macam kegiatan semua berpengaruh pada teknologi dan setiap kegiatan ada tingkatan teknologi yang mengatur berjalan nya suatu kegiatan dan yang paling berpengaruh besar terhadap perusahaan dibidang penjualan yang memberikan value terhadap persusahaaan dan negara yang mempunyai perusahaan yang berbasis teknologi dan penelitian ilmiah, secara  Hierarki arti kata unikon dalam kamus KBBI adalah tingkatan.

Definisi Unicorn adalah perusahaan rintisan milik swasta yang nilai kapitalisasinya lebih dari $1 miliar. Unicorn berkaitan erat juga dengan StartUP ,dan definisi dari Startup adalah sebuah perusahaan rintisan, umumnya disebut startup (atau ejaan lain yaitu start-up), merujuk pada semua perusahaan yang belum lama beroperasi. Dari definisi diatas dapat kita simpul bahwa bisnis startup adalah suatu bisnis yang baru berkembang. Namun, bisnis startup ini lebih identik bisnis yang berbau teknologi, web, internet dan yang berhubungan dengan ranah tersebut. Bisnis startup berkembang akhir tahun 90an hingga tahun 2000, nyatanya istilah Startup banyak.

Unicorn merupakan istilah yang sangat familiar di dunia perusahaan rintisan atau startup. Istilah unicorn digunakan untuk mendeskripsikan perusahaan privat yang telah mengantongi valuasi lebih dari US$1 miliar. Istilah unicorn di dunia startup pertama kali diperkenalkan oleh pemodal kapital Aileen Lee pada tahun 2013. Lee menggunakan istilah unicorn untuk mendefinisikan perusahaan teknologi yang dinilai memiliki ide dan solusi tak biasa dengan valuasi lebih dari US$1 miliar. Revolusi Industri 4.0 adalah tren di dunia industri yang menggabungkan teknologi otomatisasi (penggunaan mesin, sistem kontrol, dan teknologi informasi untuk optimisasi produksi dan pengiriman barang dan jasa.) dengan teknologi cyber (sarana yang dibutuhkan oleh manusia untuk melakukan kejahatan).

Pada industri 4.0, teknologi manufaktur sudah masuk pada tren otomatisasi dan pertukaran data. Hal tersebut mencakup sistem cyber-fisik, internet of things (IoT), komputasi awan, dan komputasi kognitif. Tren ini telah mengubah banyak bidang kehidupan manusia ,termasuk ekonomi,dunia kerja,bahkan gaya hidup manusia itu sendiri.Singkatnya revolusi 4.0 menanamkan teknologi cerdas yang dapat terhubung dengan berbagi bidang kehidupan manusia. Jadi Heirarki Start Up Unicorn dalam Revolusi Industri 4.0 adalah Tingkatan perusahaan perinitis dengan perusahaan bergerak di bidang teknologi yang dapat terhubung dengan kehidupan manusia dengan menggabungkan teknologi otomasisasi dengan teknologi cyber.

 

INTRODUCTION of STARTUP  

Startup dilihat dari ejaan katanya start-up yang berarti baru memulai,jadi bisa dilihat bahwa startup merupakan sebuah perusahaan yang baru dirintis berdasarkan faktor – faktor tertentu menurut keadaan lingkungan saat ini,jadi ada beberapa faktor yang membuat sebuah perusahaan tergolong perusahaan startup yaitu:

Usia perusahaan

Jika ibu hamil ibarat sebuah perusahaan, maka anak yang baru lahir bisa ibaratkan bisnis yang baru akan di jalankan baru berumur kurang dari 3 tahun.

Jumlah karyawan minimalis

Pada umumnya startup memiliki jumlah karyawan yang sedikit kurang lebih 30 orang.

Sumber daya manusia multitasking

Meskipun berawal memilki karyawan yang relatif sedikit namun karyawan memiliki talenta terbaik dan ahli yang berada di bidangnya masing-masing.

Semangat kerja tinggi

Selain itu, karyawan yang bekerja di startup umumnya berasal dari kaum milenial yang berusia muda dan melek teknologi. Biasanya perusahaan ini didirikan oleh anak muda berkisar 20 sampai 35 tahun. Sehingga dengan rentang usia tersebut masih memiliki banyak keinginan yang selalu ingin dikejar yang diiringi dengan semangat yang menggebu-gebu.

Umumnya bergerak di bidang teknologi

Meski pengertian sesungguhnya sebuah startup, namun tidak harus selalu di bidang teknologi. Seringkali kita temui beberapa startup yang ada saat ini pasti memiliki di bidang teknologi.

Website menjadi sarana utama

Perusahaan startup pastinya memiliki website pribadi untuk menjalankan segala pekerjaannya, yaitu untuk menawarkan dan mempromosikan produk yang dijual. Bisnis yang mereka jalankan meliputi jasa online yang pengoperasiannya menggunakan aplikasi pada yang selalu terhubung dengan website perusahaan itu sendiri.

Konsumen startup adalah prioritas

Target dari berdirinya sebuah startup adalah untuk memperoleh konsumen sebanyak-banyaknya. Oleh karena itu startup selalu menghadirkan inovasi-inovasi untuk memanjakan setiap konsumen yang dimilikinya.

 

            Lalu apa sebenarnya target utama pembentukan dari startup itu sendiri?, menurut saya tujuan akhir dari perusahaan startup akan berbeda-beda untuk berbagai pihak.

Investor tahap awal : Mereka menghendaki setidaknya mendapatkan 10x imbal hasil dari uang yang mereka investasikan, karena mereka mengambil resiko lebih awal dalam proses

Investor tahap akhir : IPO adalah tujuan akhir dari pihak ini dimana semua investor mendapatkan kesempatan untuk melakukan realisasi atas profit mereka.

Pendiri : Idealnya pada saat IPO pendiri memiliki 15–17% saham yang didirikan dan tentunya startup tersebut sudah meraih status Unicorn

Karyawan : Bagi karyawan awal yang mendapatkan opsi saham di awal berdiri nya perusahaan, ini adalah kesempatan bagi mereka untuk dapar melikuidasi opsi saham mereka dan mendapatkan imbal hasil.

Bagi perusahaan nya sendiri tujuan akhir nya tentu menjadi perusahaan publik dan tetap bertumbuh secara konsisten.

Hierarki Startup Unicorn Dalam Revolusi Industri 4.0

            Sebelum melanjutkan,sebetulnya apasih unicorn tersebut?.Unicorn sendiri merupakan suatu startup yang memiliki nilai valuasi lebih dari $1 miliar, di Indonesia sendiri hanya ada empat startup yang bisa digolongkan sebagai unicorn yaitu Gojek,Traveloka,Tokopedia dan Bukalapak hal ini juga tidak lain karena dalam kurun waktu yang baru – baru saja berlalu ke – 4 startup tersebut diberi suntikan dana oleh investornya lebih dari $1 miliar,nah lalu apasih arti nilai valuasi itu sendiri? Nilai valuasi merupakan suatu ketetapan nilai dimana harga dari saham total perusahaannya yang bisa diakuisisi,contohnya ketika ada sebuah unicorn dengan nilai valuasi sebesar $2 miliar,maka setidaknya kita harus membayar $2 miliar untuk memegang nilai penuh/mengakuisisi startup tersebut,lalu bagaimana sih cara menciptakan Unicorn di era industri 4.0 seperti sekarang? Mungkin kita bisa belajar dari 4 Unicorn yang ada di Indonesia.

  • Gojek

Rahasia membuat startup dari GO-JEK adalah memaksimalkan fitur aplikasi mobile yang mereka punya agar orang dapat menjangkau layanan mereka. Selain itu, mereka juga aktif melihat pasar untuk mendapatkan peluang positif bagi produk mereka.

  • Bukalapak

Rahasia membuat startup ala Bukalapak adalah soal teknologi dan riset pasar. Website dan aplikasi mobile yang menjadi produk Bukalapak, terus dimaksimalkan agar fitur-fitur yang ada memudahkan audiens. Kemudian, Bukalapak juga berusaha untuk tahu keinginan pasar agar Bukalapak tetap bisa meluncurkan produk-produk yang relevan dengan pasar.

  • Traveloka

Apa yang menjadi rahasia membuat startup dari nol hingga menjadi unicorn ala Traveloka? Jawabannya adalah teknologi dan mencari peluang. Teknologi membuat Traveloka harus keluar dari zona nyamannya di website dan menambah channel di aplikasi mobile. Selain itu, tren pasar yang semakin gemar wisata membuat Traveloka harus bertransformasi dari layanan pencarian tiket transportasi menjadi pemecah solusi bagi orang-orang yang ingin berwisata.

  • Tokopedia

Tahu kan rahasia membuat startup dari nol hingga unicorn ala Tokopedia? Ya betul, Tokopedia memanfaatkan teknologi dan riset pasar. Dengan aplikasi mobile, Tokopedia menjangkau pasar yang lebih luas lagi. Dengan riset pasar, Tokopedia mampu menghadirkan produk yang sesuai kebutuhan masyarakat.

Jadi bisa kita simpulkan untuk menciptakan suatu Unicorn maka kemampuan untuk melihat peluang pasar dan teknologi sangat diperlukan.

PELUANG TERCIPTA UNICORN JAGO SERVIS

Sistem Jago Servis

Jago servis merupakan  aplikasi untuk mempromosikan barang dan jasa secara online. Jago servis dimiliki dan dioperasikan oleh PT. Global Internasional Servis (GIS) jago sevis melayani management pemeliharaan, seperti hotel / villa, pertokoan, rumah sakit dan fasilitas umum. Teknisi jago servis wajin mengikuti program pelatihan dan sertifikasi jago servis academy, yang bekerja sama dengan perguruan tinggi di bali dan asosiasi teknisi nasional dan internasional. Dan jago servis dirilis pada tanggal 12 oktober 2019. Jago Servis cenderung  pada bidang jasa teknologi seperti pendingin ruangan atau AC ,pemasangan CCTV, buggy, fire suppression, genset, kelistrikan, kitchen set, computer, las, lif, MCFA, PABX, pekerjaan finishing, pekerjaan kayu, pemanas air,  pemipaan, pengolahan limbah, peralatan kolam, peralatan laundry, pompa air, software hotel, solahart, sound system, wifi internet.Jasa dan produk dapat kita pilih dalam satu aplikasi bernama Jago Servis.

Analisis Kehandalan Jago Servis

            Keunggulan dari jago servis adalah banyak produk produk teknologi yang bisa diperbaiki dan jago servis bisa dengan mudah di akses selain itu aplikasi jago servis terbilang cukup murah untuk perbaikan. dan dengan mudah  menemukan teknisi ketika kita menemukan masalah dan produk produk lainnya. Masalah yang biasanya terjadi adalah masalah kerusakan AC, genset, computer, pekerjaan finising, pekerjaan kayu, pemanas air, pemipaan, wifi interne, Teknisi jago servis sudah mengikuti pelatihan dan mempunyai sertifikasi jago servis jadi tidak perlu khawatir kalo menggunakan jasa seperti jago servis.

Penulis, founder and IT development manager Jago Servis, dosen JTE Politeknik Negeri Bali

 


 

No comments: