Saturday, October 17, 2020

History of Startup JAGO SERVIS

 

HISTORY of STARTUP JAGO SERVIS

I Gede Suputra Widharma

 

Dari data dan fakta maka dapat ditentukan bahwa startup merupakan pengertian dari semua perusahaan yang belum lama beroperasi atau perusahaan rintisan. arti dari kata startup adalah sesuatu yang merujuk pada perusahaan yang belum lama beroperasi. Perusahaan-perusahaan ini sebagian besar merupakan perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat Jadi kalau dirangkum secara singkat startup adalah perusahaan baru yang sedang dikembangkan atau belum lama beroperasi. Oleh karena itu startup sering disebut sebagai perusahaan rintisan.

 

Startup kini sangat digandrungi oleh kalangan muda yang ingin memulai usaha karena pertama Lokasi dan waktu bukanlah hal yang penting menyalurkan jiwa muda ke dalam berbagai kegiatan menyenangkan dalam hidup menjadi hal yang lumrah. Sebut saja kegiatan traveling mengunjungi berbagai tempat di Indonesia yang penuh dengan keindahan. Belum lagi, banyaknya kegiatan yang ingin di coba semasa muda. Tentu saja, bekerja dengan waktu yang terbatas dan lokasi yang tidak memungkinkan menjadi hambatan. Kini bisnis startup dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja . Layaknya memulai jenis bisnis-bisnis yang lain, memulai bisnis startup tentu bukanlah hal yang mudah. Karena membutuhkan sebuah konsep yang inovatif dalam memenuhi kebutuhan pasar serta sikap persisten dalam menjalankannya.

 

Oleh karena itu, fleksibilitas dari sang pebisnis sangat diperhitungkan. Yang kedua adalah Memperluas koneksi Berjejaring (networking) merupakan sebuah keahlian yang harus dimiliki oleh setiap orang, terlebih jika masih berada di usia muda. Sebab, bukan hanya memperluas pengetahuan, dengan terbukanya jejaring , berbagai kesempatan pun akan datang menghampiri. Inilah yang menjadi alasan luasnya koneksi menjadi impian bagi anak muda.Tidak perlu lagi berusaha untuk mendapatkan peluang untuk memperoleh pekerjaan. Dengan luasnya koneksi yang dibangun, dengan sendirinya kita akan dihampiri kesempatan untuk memperluas bisnis startup yang telah dimulai. Tentu saja, keahlian ini bukanlah hal yang mudah untuk dipelajari. Di dalamnya, kita perlu menyertakan ketulusan, kecerdasan, dan citra yang baik, demi terwujudkan koneksi baik yang luas. Dan yang terakhir adalah Ajang menunjukkan bakat dan kreativitas Idealisme yang anak muda miliki menjadikan bisnis startup sebagai lahan yang pas dalam hal  aktualisasi diri. Tidak perlu lagi terpaut dengan peraturan dan ketentuan berkreasi yang terbatas saat terjun ke dunia pekerjaan konvensional. Inilah ajang untuk menunjukkan bahwa ide yang dimiliki dapat ikut serta bersaing dalam bisnis.

 

Untuk membuat startup berbasis online yang dapat menarik minat konsumen dan memiliki daya guna yang optimal kita dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi yang ada seperti beberapa software yang dapat menunjang startup yang telah kita buat. contohnya Microsoft Visual Studio dan android studio yang digunakan untuk membuat aplikasi startup agar mudah menjangkau konsumen dimanapun dan kapanpun hanya dengan mendownload aplikasi yang sudah selesai kita buat. Setelah selesai mebuat aplikasi tidak lengkap bila tidak menambahkan beberapa design produk yang kita tawarkan design produk ini dapat dibuat dengan aplikasi corel draw, adobe photoshop dan adobe illustrator yang nantinya dapat menunjang startup kita agar menarik bagi konsumen. Selain membuat aplikasi pelaku usaha startup juga sebaiknya membuat website sebagai ajang promosi, karena website merupakan kesan pertama bagi pelanggan Website dengan desain yang tidak enak dipandang mata tentu saja meninggalkan kesan yang tidak enak bagi pengunjung , apalagi jika ini pertama kali mereka mengunjungi website kita.

 

Pengembangan dan pembuatan website tidak sekadar bagaimana kekuatan SEO bisa menarik pengunjung, namun juga pengalaman pengunjung saat sudah berada di website kita. Semakin nyaman tampilan dan navigasi website Anda bagi mereka, semakin baik pula kesan Anda di mata mereka. Terdapat beberapa aplikasi yang dapat membantu kita mendesign website yang telah kita buat contohnya Prototyping tools Invision , Prototyping tools Pidoco, dan WebFlow.

 

Aplikasi digital Jago Servis merupakan startup yang bergerak di bidang keteknikan; perbaikan, pemeliharan dan pemasangan AC, penggantian kapasitor AC, Pembersihan serta penggantian freon AC dan lain sebagainya, selain itu ada juga produk lainnya seperti CCTV, solar cells, komputer, mekanik kelistrikan, plumbing, kitchen set, gardenia, pool, dan lain-lain. System dari aplikasi Jago Servis ini sama seperti aplikasi penyedia jasa lainnya yaitu konsumen dapat memesan jasa yang diinginkan melalui aplikasi dan membayarnya melalui atm yang akan ditransferkan ke penyedia jasa tersebut setelah ditarnsferkan penyedia jasa akan dating ke tempat yang sudah di input sebelumnya dalam aplikasi. Kehandalan dari aplikasi Jago Servis itu sendiri ditinjau dari 3 aspek yaitu kualitas sistem (system quality), kualitas informasi (information quality) dan kualitas pelayanan (service quality) mempunyai kehandalan yang sudah optimal sesuai dengan fungsinya dan memiliki daya guna yang tinggi karena aplikasi jago servis memiliki konsep yang unik dan memang dibutuhkan oleh masyarakat saat ini. Hanya perlu ditingkatkan lagi untuk masalah produk yang ditawarkan dan sistem pembayaran yang lebih beragam.

 

Agar startup yang dibuat dapat berjalan dengan baik dan memiliki daya guna yang tinggi kami dapat menyarankan untuk memulai membuat startup dengan menggali ide-ide kreatif sebagai konsep untuk memulai usaha startup, memanfaatkan sumber daya yang ada seperti teknologi digital yang sudah sangat berkembang pada jaman ini. Seperti halnya pada aplikasi startup Jago Servis yang mempunyai konsep yang kreatif dan bisa menjadi jawaban bagi masalah yang ada saat ini. Tetapi perlu adanya peningkatan daya guna pada aplikasi Jago Servis tersebut dengan memperluas koneksi dengan penyedia jasa servis agar jasa servis yang ditawarkan lebih beragam. Dan yang paling penting untuk memulai startup adalah tidak takut untuk mencoba hal-hal yang baru.

 

Penulis, Founder and Business Development of Jago Servis, dosen distributed control system pada otomasi Politeknik Negeri Bali



No comments: